5 Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil, Adakah Risikonya Bila Dikonsumsi?

Pada masa kehamilan, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan. Salah satu buah yang bagus untuk ibu hamil adalah jambu biji. Manfaat jambu biji untuk ibu hamil ini tidak terlepas dari kandungan nutrisinya yang juga berguna bagi janin dalam kandungan.

Meskipun begitu, ada sejumlah hal terkait efek samping yang ditimbulkan ketika mengonsumsi jambu biji pada masa kehamilan yang perlu dipertimbangkan.

Bolehkah ibu hamil makan jambu biji?

Ibu hamil boleh makan jambu biji. Bahkan, buah dengan nama latin Psidium guajava ini mengandung nutrisi yang penting untuk kehamilan.

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil ini tidak lepas dari banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, yakni kaya akan serat, vitamin, dan mineral.

Dalam 100 gram atau sekitar 1 buah besar jambu biji, mengandung sekitar 87 mg vitamin C. Selain mengandung vitamin C, jambu biji juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Nutrisi dalam jambu biji yang dibutuhkan selama kehamilan antara lain adalah:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Mineral, seperti kalsium, fosfor, natrium, tembaga, seng, dan kalium
  • Beta karoten
  • Vitamin C, B1, B2, B3, dan B9

Meskipun mengandung banyak nutrisi penting, Anda harus memastikan bahwa buah yang hendak dikonsumsi benar-benar matang.

Selain itu, Anda disarankan untuk tidak makan jambu biji secara berlebihan, yakni memakan hanya dalam porsi kecil (sekitar 100 hingga 125 gram) agar terhindar dari risiko kesehatan yang mungkin bisa ditimbulkan.

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil

Nutrisi dalam jambu biji memang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, bagi ibu hamil, jambu biji memberikan manfaat yang spesifik seperti:

1. Membantu mengatasi masalah pencernaan

Menurut penelitian, jambu biji dapat membantu mengatasi masalah pencernaan seperti peningkatan asam lambung atau GERD, diare, dan sembelit yang sering terjadi selama masa kehamilan.

Dalam penelitian disebutkan bahwa ekstrak daun jambu biji membantu mengurangi keluarnya asam lambung dan mencegah diare. Sayangnya penelitian ini baru dilakukan pada hewan percobaaan.

Masih dibutuhkan uji coba lebih lanjut untuk menilai efektivitasnya pada manusia. Di sisi lain, kandungan serat dalam buah ini dapat membantu mengatasi sembelit.

2. Mengurangi risiko tekanan darah tinggi

Manfaat jambu biji untuk ibu hamil adalah mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Ibu hamil rentan mengalami tekanan darah tinggi yang bisa berisiko sebabkan preklampsia

Beberapa ibu hamil kerap kali mengalami preeklampsia, sebuah komplikasi yang ditandai dengan tekanan darah tinggi. Preeklampsia kemungkinan dapat menyebabkan kerusakan ginjal atau hati.

Menurut penelitian, senyawa dalam daun jambu biji dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meminimalisir risiko komplikasi dengan menghambat enzim pemicu tekanan darah tinggi.

3. Meningkatkan metabolisme tubuh

Jambu biji kaya akan kandungan vitamin C yang berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Maka dari itu, mengonsumsi jambu biji saat hamil dapat meningkatkan metabolisme dan kekebalan tubuh serta mengurangi risiko terkena penyakit.

4. Mengatur kadar gula darah

Kandungan kalium dalam jambu biji membantu menjaga kesehatan tekanan darah supaya tetap terkendali. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa teh daun jambu biji juga dapat membantu menurunkan gula darah. Hal ini meminimalkan risiko keguguran dan kelahiran prematur.

5. Menurunkan risiko terkena kanker

Kandungan antioksidan yang ada dalam jambu biji dapat membantu mencegah kanker pada ibu hamil. Selain itu, kandungan vitamin C dan likopen dalam jambu biji juga dapat membantu detoksifikasi tubuh.

Itu tadi manfaat jambu biji yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan jambu aneka jenis tersebut Anda dapat membelinya di TaniHub. Tak hanya menyediakan varian jambu yang lengkap, di platform ini Anda juga akan mendapatkan jambu biji dengan kualitas terbaik langsung dari petani. Jadi dijamin jambu biji yang akan Anda terima dalam kondisi segar.

Selain itu, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Yuk belanja di TaniHub, cukup kunjungi websitenya di https://TaniHub.com atau mengunduh aplikasi onlinenya di Play Store dan AppStore!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *