Tips Aman Mengemudi Saat Hujan Anti Selip

TREVO Stories ID - Page 8 of 13 - Kapan pun, Dimana pun
sourfce gambar : stories.trevo.id

Ketika hujan, resiko kecelakaan di jalan raya bisa saja meningkat, loh! Banyak pengemudi mobil maupun motor yang berlomba di jalanan ketika hujan tiba. Alasannya tentu saja agar cepat sampai tujuan dan tidak terlalu lama berada dibawah naungan hujan. Namun, kegiatan ini memperbesar resiko untuk terjadinya kecelakaan lalu lintas dan membahayakan pengguna jalan. Terlebih jika kamu menggunakan mobil pinjaman atau car sharing yang bukan milik pribadi.

Saat musim hujan tiba, air hujan akan menggenangi jalan raya dan membuat jalan raya menjadi licin. Kendaraan yang melaju di atasnya menjadi lebih mudah untuk terselip di jalanan tersebut. Ada beberapa kemungkinan kendaraan car sharing maupun pribadi mudah terselip dan juga memperbesar kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas saat musim hujan terjadi. Berikut ini merupakan beberapa alasannya :

1.    Roda mobil sudah aus

2.    Mengemudi kecepatan tinggi

3.    AC mobil yang tidak berfungsi dengan baik

4.    Wiper yang macet

Keempat hal di atas cenderung bisa menyebabkan berbagai permasalahan di jalan raya saat musim hujan. TIdak heran jika memeriksa kendaraan sebelum digunakan menjadi cukup penting. Terutama bila menggunakan layanan car sharing yang merupakan mobil pinjaman. Maka kita perlu cermat dalam meneliti kualitas kendaraan sebelum digunakan. Sebab, mobil tersebut digunakan oleh orang banyak dan kita tidak tahu kondisinya.

Selain memastikan kendaraan selalu dalam keadaan prima, disarankan juga untuk mengemudi dengan aman. Terkadang, karena jalanan licin maka banyak pengemudi yang kesulitan melakukan manuver karena panik maupun kendaraan tidak dilengkapi dengan fitur keamanan yang mendukung manuver dengan baik. Nah, ternyata mengemudi disaat cuaca hujan ada triknya.

Saat mengemudi di waktu hujan tiba, ada baiknya untuk selalu mawas diri. Kamu bisa mengemudi dengan kecepatan lambat dan tidak tergesa. Pastikan kendaraan dalam keadaan prima saat digunakan. Nah, selanjutnya nih bila tiba – tiba mobil nyelip saat kecepatan tinggi, ada baiknya untuk tidak panik dan konsentrasi penuh ke kegiatan mengemudi. Jangan menginjak rem maupun gas dan menunggu sampai kemudi bisa digerakkan baru membelokkan mobil. Pastikan lingkungan sekitar aman yaa saat melakukan ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *