Kukar siapkan Souvenir

Kukar siapkan Souvenir

Jelang Penas, Kukar siapkan Souvenir

portalindo.my.id-Kukar siapkan Souvenir untuk Perhelatan Pekan Nasional XVIII 2011 sebentar lagi akan dimulai, Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara sebentar lagi dikunjungi sekitar 30  ribu peserta  Penas KTNA XIII dari seluruh Indonesia maupun mancanegara. Setengah atau sedikitnya 10 ribu orang dari jumlah itu  dipastikan ingin membeli suvenir atau kuliner  khas  daerah ini untuk kenang kenangan. Masalahnya siapkah Kukar memberikan pelayanan sekaligus  memenuhi kebutuhan mereka akan suvenir maupun kuliner itu?

Untuk mendapatkan berbagai aneka suvenir khas Kutai di kota Raja Tenggarong bisa mendatangi ke Museum Negeri Mulawarman Tenggarong atau tepatnya berada di halaman belakang museum ini. Di tempat ini oleh pengelola museum disebut “one stop destination” yang artinya setelah melihat lihat koleksi museum pengunjung bisa memilih  suvenir yang diinginkan hingga mencicipi kuliner khas daerah ini.

 

Karena di tempat ini pula  ada sekitar belasan toko maupun emperan kaki lima yang menjajakan suvenir maupun aneka jenis makanan. Suvenirnya terdiri dari pakaian dan tekstil serta penutup kepala bercorak khas Kutai dan Dayak, aneka mandau dan aksesorisnya. Kemudian beberapa miniatur  mulai dari patung Lembuswana dan Belontang hingga lamin, rumah adat Dayak.

Hanya saja di dalam kawasan yang merupakan aset milik Pemerintah Provinsi Kaltim ini  ada dua pengelola toko suvenir yang satu sama lain merasa sah memiliki kawasan ini. Yaitu di satu pihak  dikelola manajemen Museum Mulawarman sebagai pemilik resmi  kawasan museum, dan di pihak lain di kuasai  sejumlah oknum kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura yang merasa bahwa kawasan museum masih bagian dari warisan Kesultanan Kutai.

Menurut sejumlah pemilik toko suvenir dan toko makanan dan minuman yang temui di tempat ini,  dualisme kepemilikan halaman belakang Museum menimbulkan kesenjangan. Kesenjangan itu dalam bentuk fasilitas hingga harga sewa toko dan kios.

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara juga menyiapkan tempat-tempat wisata di Kutai Kartanegara bagi para peserta Penas XIII 2011 nanti

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Exit mobile version